Senin, 23 Februari 2015

Rumus Matematika (Bangun Ruang / 3 Dimensi )


Melanjutkan Artikel Sebelumnya yang berjudul Rumus Matematika Dasar tetapi malas diingat (Bangun datar), berikut ini saya sajikan rumus untuk bangun Ruang yaitu sebagai berikut ;
  • Prisma
Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup identik berbentuk segi-n dan sisi-sisi tegak berbentuk persegi atau persegi panjang. Dengan kata lain prisma adalah bangun ruang yang mempunyai penampang melintang yang selalu sama dalam bentuk dan ukuran. Prisma segi-n memiliki n + 2 sisi, 2n titik sudut, dan 3n rusuk.
Prisma dengan alas dan tutup berbentuk persegi disebut balok, prisma dengan alas dan tutup bujur sangkar disebut bujur sangkar sedangkan prisma dengan alas dan tutup berbentuk lingkaran disebut tabung.

















  • Balok
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut.
Panjang (p) adalah rusuk terpanjang dari alas balok.
Lebar (l) adalah rusuk terpendek dari sisi alas balok.
Tinggi (t) adalah rusuk yang tegak lurus terhadap panjang dan lebar balok.













  •  Kubus
Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang sisi yang kongruen berbentuk bujur sangkar. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.
  •  Tabung
Dalam geometri, tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung memiliki 3 sisi dan 2 rusuk.
Kedua lingkaran disebut sebagai alas dan tutup tabung serta persegi panjang yang menyelimutinya disebut sebagai selimut tabung.
  • Bola
Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.


atau L = 4 π r² dengan asumsi r = 1/2 d maka
 = 4 π (1/2d²) = π d²
dengan perlakuan yang sama
V = 1/6 π r³
  • Limas
Dalam geometri, bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tak hingga lingkaran berjari-jari sama panjang dan berpusat pada satu titik yang sama. Bola hanya memiliki 1 sisi.
  • Kerucut
Dalam geometri, kerucut adalah sebuah limas istimewa yang beralas lingkaran. Kerucut memiliki 2 sisi dan 1 rusuk.
Sisi tegak kerucut tidak berupa segitiga tapi berupa bidang miring yang disebut selimut kerucut.
 
(C) Toms Pro 2015
Daftar Pustaka :
Wikipedia Accesed : 2015, February 23.
Toms Pro Arsip
Postingan ini akan disempurnakan di lain waktu..........
Artikel Terkait

1 komentar:

  1. ☻☻☻ZEUSBOLA TERBAIK DAN TERPERCAYA☻☻☻

    ZeusBola sudah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh orang nomor 1 Isle of Man terhadap beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    Buruan bergabung tunggu apalagi

    Dapatkan bonus new member 10%
    dan berbagai macam bonus lainnya

    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607

    BalasHapus