Selasa, 01 April 2014

Riwayat Usang Rimau

Penulis belum menemukan dan belum banyak referensi dari cerita rakayat ini. Usang Rimau adalah tokoh dari Desa Mernajat dan merupakan asal-usul nenek Moyang Suku Mernajat. Cerita Usang Rimau ini didapat dari cerita orang tua-tua didaerah asli meranjat maupun daerah lain yang masih keturanan orang Meranjat. Masyarakat daerah meranjat menganggap cerita ini betul-betul terjadi dan terdapat makam Usang Rimau yang dianggap keramat dan masih banyak orang yang datang berziarah kesana.
Usang Rimau dahulu menetap di daerah diseberang desa Meranjat, karena daerah yang ditinggali banyak timbul wabah penyakit atau hal - hal lain maka usang Rimau memutuskan untuk pindah ke daerah seberang (Desa Meranjat Sekarang).
Menurut cerita Usang Rimau bernama asli Ingsal Nyawo(3) adalah saudara termuda dari tiga bersaudara yaitu Buku Nyawo (kakak tertua) dan Terang Nyawo (2), dan menurut cerita juga nama Usang Rimau diberikan ketika Ingsal Nyawo berhasil membunuh harimau dalam arena pertarungan. Usang rimau mempunyai ciri-ciri beperwakan kecil, mempunyai bubul dikaki, jalannya tidak tegap dan sedikit kincat.
Banyak cerita mengenai Usang Rimau, seperti mencuri penganten perempuan dari daerah lain, mengelabui seseorang dengan tubuh besar dengan berpura-pura menjadi kupek (bayi) didalam buaian.

Mohon maaf, penulis hanya bisa menyajikan artikel yang terbatas. Bila ada masukan dan bahan cerita lagi, artikel ini akan terus dikembangkan. (17/4/2014)

Artikel Terkait

21 komentar:

  1. ..tulis lagi yg komfffffliiiieeeeeet broooow...biar pacak...

    BalasHapus
  2. Ini sekitaran tahun berapa, Min. lalu ada gak hubungan cerita ini mah yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum ada riwayat tahunnya bro, admin akan trus memperbaikinya dan tentunya juga masukan dari pengunjung

      Hapus
  3. jadi inget cerita kakek dulu, kata beliau san rimau terdiri dari 3 bersaudara.. sayang saya belum ketemu dengan maqam ketiga nya.. kira2 ada cerita ttg kakak2 sang rimau ga gan? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makam usang rimau masih ada di tanjung seputek belakang pangtapa meranjat.

      Hapus
    2. tadi akan di perbaiki riwayatnya menjadi lebih baik. tolog masukannya

      Hapus
  4. Gede munyang aku jg wong meranjat

    BalasHapus
  5. samo aku jugo keturunan urang diri asli

    BalasHapus
  6. Yang di beti tu bukan nyo makam puyang panjang usang rimau? Soalnyo keturunan beti

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. lamun urang meranjat nian la pasti tau sejarah usang rimau cak mano, namo aslinyo bukan itu jok, aku asli meranjat, bak meranjat umak meranjat jadi terti sejarah usang rimau cak mano

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar co, klu nk tau nian dimakam usang rimau itu ado namo samo bin nyo, salam dr urang diri kp 14 tinggal di plaju lorong lama.

      Hapus
    2. Wa'alaikum salam, aku maseh beroyot dari kyaji lanjak meranjat, pakde ku kyaji rohim, urang tuo didusun banyak manggil aku bapak karna keciknyo ngaku kyaji lanjak

      Hapus
    3. basan kyaji rohim cak puti gedang, rentak pasir, men maseh ado yg paham dari keluargo mu pasti terti urang² yg aku sebutka, itu namo² urang yg berpengaruh dimeranjat

      Hapus
  9. ado bagusnyo admin betanyo langsung kemeranjat sejarah asli usang rimau cak mano,sampai yg nuruni pegangan usang rimau aslipun aku terti budaknyo siapo sebab maseh keluargo, saran aku lemak admin langsung kemeranjat betanyo sejarah usang rimau cak mano, sedang namonyo ado banyak tapi bukan yg admin tulis diatas, aku tau namo aslinyo siapo cuma aku enjok tau namo ulamanyo bae KH. Ilyas Mulkan

    BalasHapus
  10. Aku Ayah Ku Asli meranjat,A.Ghazali Hamid Bin Abdul Hamid Bin H.Qitum Bin H.Limbing ,cerito Ayahku Alm.kalo wong nak ziarah melalui rumah gede kami...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pacak jadi, soalnyo dulu maseh kecik aku kesano naek perahu, ado larangan nyebut buayo / manggil buayo men dang diatas perahu

      Hapus