Senin, 19 Mei 2014

Mengenal Jenis kabel Koneksi

Selamat siang sobat, kali ini saya mencoba posting jenis-jenis kabel konektor. Mungkin sobat mengenal dan fungsi kabel masing-masing jenis. Untuk itu penyusun berusaha mencari info dari berbagai sumber, karena pengetahuan penyusun sangat terbatas tentang hal ini. Konektor-konektor ini banyak saya temukan di TV, dvd player dan Laptob.


Konektor RCA
Nama RCA berasal dari singkatan Radio Corporation of America yaitu perusahan yang pertama kali memperkenalkan desain konektor ini pada tahun 1940-an yang saat itu digunakan untuk menghubungkan mono phonograph player dengan amplifier.
Konektor jenis RCA ini mungkin yang paling sering kita lihat. Konektor ini biasa digunakan pada kabel yang membawa sinyal audio dan video (analog). Kita dapat melihatnya pada perangkat vcd/dvd player ataupun video game ketika dihubungkan ke tv. Konektor ini dapat melewatkan sinyal dengan frekuensi 0-100 MHz.

Bentuk konektor ini seperti terlihat pada gambar. Male connector terdiri dari colokan logam di tengah dan dikelilingi ring. Bungkus ring biasanya terbuat dari karet dan bersegmen agar bersifat fleksibel. Female jack terdiri dari lubang di tengah dan dikelilingi ring logam. Ring pada female jack memiliki diameter sedikit lebih kecil dan ukurannya sedikit lebih panjang dibanding ring pada male connector, sehingga jika keduanya dihubungkan akan terbentuk sambungan yang erat.
Setiap kabel dengan konektor RCA ini membawa satu jenis sinyal seperti sinyal video komposit, komponen-komponen sinyal audio (left/mono, right, dsb.).
Hal ini akan menjadi rumit ketika kita harus memasang atau melakukan instalasi konektor ini ke perangkat yang menggunakan banyak komponen sinyal. Tentunya setiap konektor harus dipasangkan tepat pada jack-nya masing-masing. Untuk memudahkan persoalan ini maka telah dibuat kode warna yang telah umum dipakai. Misalnya untuk sinyal video komposit menggunakan warna kuning, sinyal audio left/mono warna putih, right warna merah, dsb.


Konektor component
 Kabel komponenoutput komponen video
Kabel komponen biasanya terdiri dari 3 utas kabel yang (ujungnya) berwarna merah, hijau dan biru. Berbeda dengan kabel video kuning yang mentransfer sinyal video utuh, kabel komponen mentransfer komponen video. Umumnya berformat YUV (atau YPbPr/YCbCr), tapi bisa berformat RGB atau SoG. Format YUV memisahkan video ke dalam komponen gambar hitam putih dan warna. Meskipun awalnya digunakan untuk menambahkan warna pada industri televisi yang sudah ada (hitam-putih), sengaja atau tidak format ini sesuai dengan mata kita yang mempunyai sel silinder dan kerucut yang mempunyai tugas berbeda dalam menangkap gelap-terang dan warna. Video DVD juga dikodekan dalam format YUV ini. Dengan kabel komponen, TV akan mendapat sinyal video yang lebih kaya yang akan meningkatkan kualitas gambar.
Ternyata kabel komponen sebenarnya merupakan kabel RCA biasa seperti yang biasa disertakan saat membeli player (merah-putih-kuning). Jadi sebenarnya saya tidak perlu membeli kabel lagi, cukup menggunakan kabel player lama. Hanya saja, saya perlu mengingat jika kabel kuning saya colokkan ke colokan biru, ujung satunya pun begitu, bukan masuk ke colokan hijau. Juga, kabel komponen hanya mentransfer video, artinya colokan audio (merah-putih) tetap harus dihubungkan dengan kabel audio. Sedikit repot memang, karena hubungan yang biasa terdiri dari 3 kabel audio-video (kuning-merah-putih) sekarang menjadi 5 kabel (merah-hijau-biru-merah-putih).
Kabel komponen sebenarnya juga mampu mentransfer data video High Definition. Namun karena muncul HDMI, tidak banyak DVD player yang mengeluarkan video HD melalui kabel komponen. Lagi pula format video DVD memang belum HD. Blu-Ray sudah HD, tapi belum banyak film beredar dalam format tersebut.
 
Konektor S-Video
Sesuai namanya Separate Video (S-Video), konektor ini merupakan tipe konektor untuk transmisi video analog. Pada skema video analog, informasi video dibagi menjadi dua komponen yaitu luma (luminance, "Y"), dan chroma (chrominance, "C"). Luminance membawa informasi tingkat gelap terang pada gambar (terlihat seperti pada tv hitam putih), sedangkan chrominance membawa informasi warna.
Sebagai perbandingan, pada composit video (kualitas lebih rendah dari analog video) informasi video ditransmisikan dalam satu komponen/kanal. Sedangkan pada component video (kualitas lebih tinggi dari analog video) informasi video dikodekan menjadi tiga komponen (luminance "Y", warna biru "Pb", dan warna merah "Pr").
Pada gambar konektor S-Video female, keterangan 4 pin adalah sebagai berikut: 
   -  Pin 1 (GND) Ground untuk Y
   -  Pin 2 (GND) Ground untuk C
   -  Pin 3 (Y) Luminance
   -  Pin 4 (C) Chrominance Konektor S-Video khusus digunakan untuk transmisi video analog, dan tidak bisa membawa sinyal audio bersamaan dalam satu kabel.
Kelebihan konektor S-Video ini adalah kualitas yang baik untuk transmisi video, karena informasi video dipisah menjadi dua komponen (Luma dan Chroma) maka bandwidth-nya lebih besar jika dibandingkan dengan video komposit yang menggabung komponen luma dan chroma sehingga bandwidth harus dipakai bersama.
Konektor HDMI
HDMI atau kepanjangannya adalah High-Definition Multimedia Interface adalah standar interface audio/video (A/V) yang tidak terkompresi pertama yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan interface antara sumber A/V, seperti pemutar HD-DVD atau Blu-ray, dengan penerima (receiver) A/V, seperti HDTV (High-Definition Digital Television) atau pesawat TV ekstra besar, ekstra lebar, dan ekstra jernih yang baru saja anda lihat.
Akan tetapi, HDMI bukanlah sekadar port yang tertanam di belakang pesawat HDTV. Lebih dari itu, HDMI adalah serangkaian aturan yang memungkinkan perangkat-perangkat elektronik high-definition berkomunikasi.
Keunggulan-Kelemahan HDMI
Karena HDTV bisa menerima informasi digital, dia tidak membutuhkan waktu atau tenaga untuk mengubah sinyal dari format analog, seperti halnya pada TV standar. Hal ini mengantarkan kita pada HDMI. Standar HDMI adalah serangkaian pedoman untuk menciptakan koneksi high-bandwidth antar perangkat digital.

Dengan pemasangan yang benar, HDMI akan terlihat sangat berbeda dalam sebuah sistem home-theater. Standar yang ada sekarang mampu membawa 1080p sinyal high-definition, dan mendukung delapan channel audio yang tidak terkompresi, cukup untuk sistem 7.1 surround-sound.
HDMI mengurungi jumlah kabel yang dibutuhkan untuk menghubungkan antarkomponen. Akan tetapi, ada satu syarat untuk menikmati semua kelebihan yang ditawarkan oleh HDMI, yakni semua komponen home theater harus kompatibel dengannya.
Beberapa fitur luar biasa dari HDMI belum tersedia di pasaran. Selain itu, terdapat batasan panjang sebuah kabel HDMI, dan tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan batasan ini mengekang keleluasaan dalam menata perangkat home theater.
Encoding-Decoding Sinyal HDMI
Salah satu kesalahpahaman tentang HDMI adalah "bawaan orok" sinyal digital lebih unggul daripada sinyal analog. Anda mungkin termasuk orang yang berpendapat bahwa tanpa konversi audio-to-digital, berarti sinyal masih dalam bentuk yang murni, dan tidak rusak ketika mencapai pesawat HDTV.
Memang mudah membayangkan dalam sebuah sistem high-definition, sinyal digital berjalan langsung dari pemutar HD-DVD ke pesawat HDTV. Akan tetapi, transmisi sinyal melalui HDTV tetap membutuhkan proses encoding.
HDMI menggunakan TMDS (Transition Minimized Differential Signaling) untuk memindahkan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. TDMS adalah metode encoding yang melindungi sinyal dari degradasi, saat dia berjalan di sepanjang kabel. Inilah yang sesungguhnya terjadi:
  • Perangkat pengirim, seperti pemutar HD-DVD, meng-encode sinyal.
  • Untuk menurunkan jumlah transisi antara satu (on) dan nol (off). Bayangkan setiap transisi sebagai anjlokan yang tajam, ketika sinyal berjalan. Anjlokan ini mulai menghilang dan melemahkan sinyal. Langkah encoding ini membantu melindungi kualitas sinyal dengan mengurangi jumlah peluang sinyal untuk terdegradasi.
  • Dalam satu set kabel yang saling berlilit, salah satu helainya membawa sinyal itu sendiri. Sementara helai lainnya membawa salinan kebalikan (inverse copy) dari sinyal tersebut.
  • Perangkat penerima, seperti pesawat HDTV, men-decode sinyal tersebut. Dalam proses decoding, diukur diferensialnya, atau perbedaan antara sinyal dan kebalikannya. Informasi ini digunakan untuk mengompensasi setiap sinyal yang hilang dalam perjalanan.

Konektor USB

USB merupakan port standar yang ada di komputer saat ini, setiap komputer yang kita beli saat ini selalu dilengkapi dengan USB. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapkan berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer dengan mudah dan cepat. Sistem operasi saat ini juga sangat mendukung keberadaan USB, mulai versi windows XP ke atas bahkan sudah terdapat installer berbagai perangkat USB yang include dalam satu paket program windows tersebut.


 Tujuan diciptakan USB adalah untuk mempermudah pengguna komputer untuk mengkoneksikan ke perangkat lain. Beberapa contoh perangkat yang telah dibuat dalam versi port USB antara lain:

1. Printer
2. Scanner
3. Mouse
4. Joystick
5. Camera Digital
6. Webcam
7. Modem
8. Dan lain sebagainya.

Menyambungkan perangkat USB pada komputer sangatlah mudah. Kita hanya perlu mencari port USB pada bagian belakang casing komputer kita, kemudian tancapkan konektor USB perangkat yang mau kita pasang ke konektor USB komputer kita. Sangat mudah bukan???


Jika perangkat yang kita tancapkan adalah perangkat baru yang belum pernah terinstall sebelumnya, maka sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan auto detect. Jika driver perangkat tersebut sebelumnya sudah terinstall di komputer maka kita dapat langsung menggunakan perangkat tersebut.




Banyak jenis perangkat USB dilengkapi dengan kabel konektor USB sendiri. Ada 2 jenis konektor USB yang berada dipasaran perangkat elektronika maupun komputer yaitu konektor USB tipe A dan tipe B (lihat pada gambar di atas) USB standar menggunakan konektor jenis A dan jenis B untuk mempermudah konsumen.


 KonektorVGA


http://sambores.blogspot.com/
Pengertian VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

Menurut integrasinya dengan motherboard, VGA dibagi menjadi dua jenis, yaitu VGA OnBoard ( VGA terintegrasi ) dan VGA Card ( VGA Add-On ).


Konektor DVI

DVI merupakan salah satu kabel digital video paling umum yang ada di dekstop dan LCD monitor saat ini. Jika standar analog atau VGA hanya terdapat satu standar, maka standar untuk transmisi data digital ada beberapa standar yang umum digunakan. Standar analog hanya memiliki satu tipe atau satu jenis konektor dengan nama DB-15, maka untuk standar DVI ada yang berjenis DVI-I dan DVI-D. Perbedaan antara DVI-I dengan DVI-D adalah port DVI-I bisa digunakan untuk monitor analog dan monitor digital, sementara DVI-D hanya bisa digunakan untuk monitor digital.
Dalam standar DVI yang harus juga adalah jumlah link. Ada DVI dengan link tunggal dan ada yang berjenis link ganda. Jumlah link ini mempengaruhi resolusi yang bisa ditampilkan pada layar monitor. Untuk link tunggal, maksimal resolusi yang bisa dicapai adalah 1600×1200. Sementara link ganda bisa untuk resulisi layar di atasnya
Akan tetapi, bila port berisi semua pin maka ia mensupport resolusi maksimal tanpa kendala. Masalah terbesar pada DVI adalah, secara default, ia tidak mensupport enkripsi HDCP, sehingga jika hardware anda hanya menyertakan port DVI, anda mungkin tidak bisa memplayback full HD Blue-ray dan HD content lainnya.
Anda bisa mengoneksikan DVI ke port HDMI pada monitor baru dengan digital converter mini. Akan tetapi,  karena DVI tidak mensupport audio, anda harus menggunakan kabel sendiri buat audio saat menghubungkan ke HDMI port. Ini menjadikan DVI salah satu konektor baru yang banyak digunakan. Ia backward dan forward compatible walau lemah dalam beberapa hal. Anda juga bisa menghubungkan monitor lama yang hanya mempunyai VGA port ke DVI port lewat DVI to VGA converter bila video output mensupport analog video.

Mengenal Universal Serial Bus (USB)

Posted by Foxtron Group 0 komentar
USB merupakan port standar yang ada di komputer saat ini, setiap komputer yang kita beli saat ini selalu dilengkapi dengan USB. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapkan berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer dengan mudah dan cepat. Sistem operasi saat ini juga sangat mendukung keberadaan USB, mulai versi windows XP ke atas bahkan sudah terdapat installer berbagai perangkat USB yang include dalam satu paket program windows tersebut.


Tujuan diciptakan USB adalah untuk mempermudah pengguna komputer untuk mengkoneksikan ke perangkat lain. Beberapa contoh perangkat yang telah dibuat dalam versi port USB antara lain:
1. Printer
2. Scanner
3. Mouse
4. Joystick
5. Camera Digital
6. Webcam
7. Modem
8. Dan lain sebagainya.
Kabel Konektor USB

Menyambungkan perangkat USB pada komputer sangatlah mudah. Kita hanya perlu mencari port USB pada bagian belakang casing komputer kita, kemudian tancapkan konektor USB perangkat yang mau kita pasang ke konektor USB komputer kita. Sangat mudah bukan???


Jika perangkat yang kita tancapkan adalah perangkat baru yang belum pernah terinstall sebelumnya, maka sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan . Jika perangkat tersebut sebelumnya sudah terinstall di komputer maka kita dapat langsung menggunakan perangkat tersebut.
auto detectdriver



Banyak jenis perangkat USB dilengkapi dengan kabel konektor USB sendiri. Ada 2 jenis konektor USB yang berada dipasaran perangkat elektronika maupun komputer yaitu konektor USB tipe A dan tipe B (lihat pada gambar di atas) USB standar menggunakan konektor jenis A dan jenis B untuk mempermudah konsumen.

- See more at: http://etutorialkomputer.blogspot.com/2011/02/mengenal-universal-serial-bus-usb.html#sthash.yqHSxkX0.dpuf
Universal Serial Bus (USB) Port
Aneka konektor USB
Gambar. Aneka konektor USB (Dokumen penulis)
Port USB digunakan untuk menerima tancapan dari konektor USB. Kabel yang menggunakan port dan konektor jenis ini sering dinamakan sebagai kabel USB. Kita biasa menggunakannya untuk menghubungkan antara komputer dengan kamera digital, scanner, handphone, flash disk, mouse bahkan keyboard. Port USB ada berbagai macam diantaranya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A dan port USB mini-B. Jika kita membeli kabel USB ini, alangkah baiknya memperhatikan bentuk port dan konektornya biar tidak salah dalam membelinya.
- See more at: http://www.siswapedia.com/mengenal-port-dan-konektor-pada-komputer/#sthash.DstMikSD.dpuf
Universal Serial Bus (USB) Port
Aneka konektor USB
Gambar. Aneka konektor USB (Dokumen penulis)
Port USB digunakan untuk menerima tancapan dari konektor USB. Kabel yang menggunakan port dan konektor jenis ini sering dinamakan sebagai kabel USB. Kita biasa menggunakannya untuk menghubungkan antara komputer dengan kamera digital, scanner, handphone, flash disk, mouse bahkan keyboard. Port USB ada berbagai macam diantaranya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A dan port USB mini-B. Jika kita membeli kabel USB ini, alangkah baiknya memperhatikan bentuk port dan konektornya biar tidak salah dalam membelinya.
- See more at: http://www.siswapedia.com/mengenal-port-dan-konektor-pada-komputer/#sthash.DstMikSD.dpuf
Konektor berikut ini yang umum digunakan untuk mentransmisikan sinyal audio.
Konektor TRS
TRS merupakan singkatan dari tip, ring, dan slave yang merupakan tiga kontak pada konektor ini. Konektor TRS berbentuk silinder yang umumnya digunakan untuk mentransmisikan sinyal audio analog. Konektor ini juga disebut audio jack, phone jack, phone plug, dan jack plug.
Konektor TRS 3,5 mm

Konektor ini memiliki banyak variasi yang dapat dibedakan berdasarkan susunan kontaknya (tip, ring, dan slave), juga memiliki beragam ukuran sesuai dengan keperluan pemakaiannya.
Jack dari kiri ke kanan:
2,5 mm mono (TS),
3,5 mm mono (TS),
3,5 mm stereo (TRS), 
6,35mm (1/4 in) stereo (TRS)
Konektor TRS dengan ukuran 2,5 mm (baik yang 3 kontak ataupun yang 4 kontak) banyak dipakai pada handsfree headset ponsel, iPod, iPhone, portabel mp3 player, dan perangkat audio portabel yang lain.

iPod versi lama menggunakan TRS (kiri)
iPhone mengunakan TRRS (tengah)
Mikropon tan tombol pengatur (kanan)
iPod versi baru juga menggunakan TRRS
Konektor TRS dengan ukuran 3,5 mm (baik yang 3 kontak ataupun yang 4 kontak) umum dipakai pada kamera digital, camcorder, portabel DVD player, dsb. Konektor TRS (3 kontak) dipakai untuk mono audio plus video, sedangkan TRRS (4 kontak) dipakai untuk stereo audio plus video.

Konektor TRS 3,5 mm dan Konektor TRRS 3,5 mm

Personal computer (PC) dan laptop juga menggunakan konektor TRS 3,5 mm ini untuk line in (stereo), line out (stereo), headphone/loudspeaker out (stereo), mikropon input (mono).
Konektor TRS ukuran 6,35 mm (1/4 inchi) digunakan untuk perangkat dengan kerja lebih berat (heavy duty). Seperti pada instrumen amplifier, loudspeaker/sound system, gitar listrik, keyboard listrik, dsb.
Konektor TS 1/4 inchi untuk heavy duty
Penjelasan tentang tip, ring, dan slave adalah sebagai berikut:
Keterangan gambar:
1. Slave: biasanya sebagai ground
2. Ring: pada sinyal stereo sebagai kanal Right, pada sinyal mono sebagai kutub negatif, pada sumber sinyal mono sebagai power supply.
3. Tip: pada sinyal stereo sebagai kanal Left, pada sinyal balanced mono sebagai kutub positif, pada sinyal unbalanced mono sebagai saluran sinyal.
4. Insulating ring (isolator)

Konektor XLR
Konektor XLR merupakan konektor elektrik yang utamanya dapat dijumpai pada peralatan audio dan video profesional serta peralatan penerangan panggung. Bentuknya bundar dan memiliki pin antara 3 sampai 7 buah. Konektor XLR ditemukan oleh James H. Cannon pendiri Cannon Electric di Los Angeles, California, karena itu konektor ini juga disebut konektor Cannon.
Konektor XLR male dan female
Standard yang digunakan konektor XLR untuk aplikasi sinyal balanced audio adalah sebagai berikut:

Keterangan pin:
1. Ground chasis
2. Terminal kutub positif (hot plug)
3. Terminal kutub negatif (cold plug)
di posting dari berbagai sumber

Universal Serial Bus (USB) Port
Aneka konektor USB
Gambar. Aneka konektor USB (Dokumen penulis)
Port USB digunakan untuk menerima tancapan dari konektor USB. Kabel yang menggunakan port dan konektor jenis ini sering dinamakan sebagai kabel USB. Kita biasa menggunakannya untuk menghubungkan antara komputer dengan kamera digital, scanner, handphone, flash disk, mouse bahkan keyboard. Port USB ada berbagai macam diantaranya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A dan port USB mini-B. Jika kita membeli kabel USB ini, alangkah baiknya memperhatikan bentuk port dan konektornya biar tidak salah dalam membelinya.
- See more at: http://www.siswapedia.com/mengenal-port-dan-konektor-pada-komputer/#sthash.DstMikSD.dpuf
Universal Serial Bus (USB) Port
Aneka konektor USB
Gambar. Aneka konektor USB (Dokumen penulis)
Port USB digunakan untuk menerima tancapan dari konektor USB. Kabel yang menggunakan port dan konektor jenis ini sering dinamakan sebagai kabel USB. Kita biasa menggunakannya untuk menghubungkan antara komputer dengan kamera digital, scanner, handphone, flash disk, mouse bahkan keyboard. Port USB ada berbagai macam diantaranya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A dan port USB mini-B. Jika kita membeli kabel USB ini, alangkah baiknya memperhatikan bentuk port dan konektornya biar tidak salah dalam membelinya.
- See more at: http://www.siswapedia.com/mengenal-port-dan-konektor-pada-komputer/#sthash.DstMikSD.dpuf

Konektor Optik Audio

Supaya Anda bisa mendengar suara TV LED atau LCD melalui home theater yang Anda miliki biasanya membutuhkan Kabel Optik Audio.






 
dan untuk yang sudah terlanjur punya Speaker Aktif RCA, anda membutuhkan Konverter
sumber : rangkuman dari berbagai sumber di google, mohon maaf bila copas tanpa izin, semata hanya sekedar pemberi informasi
update : 30 Januari 2015
Mengenal Universal Serial Bus (USB)

Posted by Foxtron Group 0 komentar
USB merupakan port standar yang ada di komputer saat ini, setiap komputer yang kita beli saat ini selalu dilengkapi dengan USB. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapkan berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer dengan mudah dan cepat. Sistem operasi saat ini juga sangat mendukung keberadaan USB, mulai versi windows XP ke atas bahkan sudah terdapat installer berbagai perangkat USB yang include dalam satu paket program windows tersebut.


Tujuan diciptakan USB adalah untuk mempermudah pengguna komputer untuk mengkoneksikan ke perangkat lain. Beberapa contoh perangkat yang telah dibuat dalam versi port USB antara lain:
1. Printer
2. Scanner
3. Mouse
4. Joystick
5. Camera Digital
6. Webcam
7. Modem
8. Dan lain sebagainya.
Kabel Konektor USB

Menyambungkan perangkat USB pada komputer sangatlah mudah. Kita hanya perlu mencari port USB pada bagian belakang casing komputer kita, kemudian tancapkan konektor USB perangkat yang mau kita pasang ke konektor USB komputer kita. Sangat mudah bukan???


Jika perangkat yang kita tancapkan adalah perangkat baru yang belum pernah terinstall sebelumnya, maka sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan . Jika perangkat tersebut sebelumnya sudah terinstall di komputer maka kita dapat langsung menggunakan perangkat tersebut.
auto detectdriver



Banyak jenis perangkat USB dilengkapi dengan kabel konektor USB sendiri. Ada 2 jenis konektor USB yang berada dipasaran perangkat elektronika maupun komputer yaitu konektor USB tipe A dan tipe B (lihat pada gambar di atas) USB standar menggunakan konektor jenis A dan jenis B untuk mempermudah konsumen.

- See more at: http://etutorialkomputer.blogspot.com/2011/02/mengenal-universal-serial-bus-usb.html#sthash.yqHSxkX0.dpuf
Artikel Terkait

59 komentar:

  1. kabel murah dan berkwalitas di balikabel.co.id

    BalasHapus
  2. Gan mau tanya, ane pake parabola colokannya seperti biasa merah putih kuning, awalnya normal gan, nah pas ane ganti tv, di tv nya ada 5 colokan, merah putih merah kuning biru, pas ane coba2 merah di merah putih di putih kuning di biru, nyala tapi gambarnya hitam putih
    itu knp ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke bro, untuk warna merah ke merah benar, putih ke putih benar. tapi kuning harus dicolokan ke semuanya..... karena kuning untuk video pada parabola, sedangkan merah kuning biru merupakan koneksi video pada tv. caranya cari kabel merah, kuning, biru ujungnya satu colokan untuk kabel merah. atau bisa beli konektor gan..... trims atas kunjungannya

      Hapus
  3. Gan mau tanya, ane pake parabola colokannya seperti biasa merah putih kuning, awalnya normal gan, nah pas ane ganti tv, di tv nya ada 5 colokan, merah putih merah kuning biru, pas ane coba2 merah di merah putih di putih kuning di biru, nyala tapi gambarnya hitam putih
    itu knp ya gan?

    BalasHapus
  4. Gan saya punya keyboard model lama merk korgh, pertanyaan saya bagaimana menambahkan speaker agat suaranya lebih besar layaknya pemain organ tunggal,masalahnya adalah saya tidak paham bagaimana cara menyambung kabel audio yg ada di belakang keayboad.trims gan

    BalasHapus
  5. Gan, di tv ane cuma ada port RCA, HDMI dan coaxial, ane mau sambungin ke Home theater yang ada HDMI, RCA dan optical, sdh di coba hdmi tv ke hdmi HT tapi gak bisa keluar suaranya, bahkan TV jadi hilang signal, rekomendasi terbaiknya gimana ya gan, soalnya TV ane support 4K dan HT nya juga support 4K, mohon dibantu, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sudah tepat, nanti ane cari lagi. saat ini belum ada koment, mungin periksa dulu kabel hdminya

      Hapus
  6. Gan ane mau brtnya apakah tidak ada masalah klo slah colok yg brbedah warna kbel
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya pewarnaan untuk membantu agar tidak salah colok, kalu salah colok tidak ada masalah, tapi fungsinya tidak berguna.

      Hapus
  7. gan...rncana bli monitor komputer jnis lcd (low buget)..apa bsa di sambungin lngsung dr receiver parabola ke lcd monitornya pakai kabel rca-vga (recever parabola rca dan vga ke lcd monitornya) scara lansung? ato apkah kita harus pakai tv tuner external lg gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambungan langsung dari receiver parabola ke lcd monitor nggak bisa gan. harus ada alat bantunya, mending langsung beli tv ..... gan harganya nggak jauh beda

      Hapus
  8. Gan, kalau alat yang buat nyambungin 2/3 DVD ke 1 TV itu apa ya namanya ?
    makasih gan sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas evanbantet, saat ini saya lupa namanya tapi memang ada alatnya. untuk sementara sambung satu satu dulu... oke

      Hapus
  9. gan kabel yang dipake buat earphone namanya kabel apa yah dipasaran ada yang jual kagak hehe salam

    BalasHapus
  10. Tv saya tidak ada audio out nya gan, kalo saya mau konek tv dg speaker aktif, bagaimana caranya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Tv saya tidak ada audio out nya gan, kalo saya mau konek tv dg speaker aktif, bagaimana caranya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  12. gan, maap, ane mau tanya, ane butuh banget kabel HDMI untuk sambungan dari MediaPlayer (out) ke TV (in), tapi ngga punya kabel HDMI ke HDMI, yang ada kabel HDMI ke Component dua biji, kalo ane sambungin ujung Componentnya pake RCA connector satu persatu, kira kira kabelnya bisa jadi HDMI to HDMI ngga yaah ??, terima kasih

    BalasHapus
  13. Gan, di receiver parabola ada port S/PDIF yg mau tak colokkan ke Home Theater, cm masalahnya di HT cm ada colokan Toslink, kalau aku pakai Converter S/PDIF atau Coaxial to Toslink nantinya ngalami penurunan signal digitalnya gak ya gan?

    BalasHapus
  14. Gun salam kenal ya, ane mo tanya gun...kalo fimale jack tv ane bermasalah...pengen ganti sendiri gimana cara nya ya gun..mohon pencerahan nya gun...trmksh.

    BalasHapus
  15. Kalau headset saya kepalanya USB, tapi mw di colokin Ke hp pake konektor apa ya mass

    BalasHapus
  16. Kalau headset saya kepalanya USB, tapi mw di colokin Ke hp pake konektor apa ya mass

    BalasHapus
  17. gan, ane mau tanya. ane punya amplifier keyboard. mau disambungkan jack kabelnya ke laptop supaya bisa jadi speaker. tapi jack kabelnya gak mendukung.karena kabel dari ampli keyboard menggunakan 6,35mm (1/4 in) stereo (TRS), gimana caranya ya gan supaya bisa kabel nyambung dari laptop ke ampli keyboard tersebut, trimakasih

    BalasHapus
  18. saya mau nanya, saya makai tv kabel jadi hasilnya kurang bersih, jadi mau di jernihkan make HDMI, gimana tu gan..?

    BalasHapus
  19. Mohon info penjelasan "snap ecg connectors". Saya perlu konektor untuk alat terapi (female). Istilah2 dan ukuran kabelnya bikin saya bingung. Apa saya salah ya nama kabel konektornya. Mohon penjelasan. Txs

    BalasHapus
  20. Bang mau tanya kabel colokan buat ke sound ada ga?

    BalasHapus
  21. Bro, saya mau tanya bagaimana menyambungkan bluray player dengan aktif speaker? Thks

    BalasHapus
  22. kang mau tanya sy beli subwoofer aktif konektor nya rca dua, mau dikoneksikan ke amplifier bisakah? kalau bisa, Line out amplifier nya kan cuma satu ... sedangkan dari subwoofer nya dua. ... haturnuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, beli aja sambungannya dari satu menjadi dua ada kok jualannya

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Klw kabel yang cocok dari pc ke tv led hdmi.apakah menggunakan kabel vga-hdmi/dvi hdmi.pernah dtes pake kabel vga trus tv pake hdmi tapi ngga keluar gambar.mohon pncerahannya.tnx

    BalasHapus
  25. Mau tanya dong tv sy LG led gimana caranya biar bisa sambung ke speaker aktif di tv ada 3 colokan Kuning putih merah tapi yg merah putih dimasukin ke speaker aktif merah putih suara tdk keluar di speaker aktif tapi tetap keluar nya di speaker tv... Bisa bantu gan kenapa yah ?

    BalasHapus
  26. Mas mau tny, sy cb sambung dvd player ke tv led LG. Di dvd ada kabel merah-hijau-biru-coaxial-video. Sy cb pasang 1 kabel dgn 2 cab ke AV-IN merah putih. Suara keluar. Lalu sy cb mskin kabel kuning ke AV-IN kuning, merah-putih ke merah-hijau, gmbr keluar tp hitam putih. Itu gmn y mas? Dmn salahny?

    BalasHapus
  27. Mas mau tny, sy cb sambung dvd player ke tv led LG. Di dvd ada kabel merah-hijau-biru-coaxial-video. Sy cb pasang 1 kabel dgn 2 cab ke AV-IN merah putih. Suara keluar. Lalu sy cb mskin kabel kuning ke AV-IN kuning, merah-putih ke merah-hijau, gmbr keluar tp hitam putih. Itu gmn y mas? Dmn salahny?

    BalasHapus
  28. Cara menghubungkan video lewat handphone k. TV tuner gmn ya gan. Ada kabel rca warna merah kuning putih. Tidak ada hdmi.

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Di proyektor cuma ada sambungan rca.av dan hdmi dan sudah build tv..
    Nanya gan untuk nonton tv bisakah langsung dg dipasang antena?

    BalasHapus
  31. Di proyektor cuma ada sambungan rca.av dan hdmi dan sudah build tv..
    Nanya gan untuk nonton tv bisakah langsung dg dipasang antena?

    BalasHapus
  32. Gan kabel audio digital optic yg d pake untuk HT ke TV LED jenis kabel yg kaya mna ya, keterangan gambar diatas soal nya ada 2 jenis,apa dipake 22 nya apa gmna y

    BalasHapus
  33. Gan mau tanya ni, TV SAMSUNG LED saya kabus dan bergaris garis. Nah saya bawak ke teknisi samsung katanya tv baik baik aja tanpa masalah, tapi dirumah saya tv tetap aja kabus dan bergaris. Apakah ada hubungannya dengan kabel yang warna merah kuning putih ya gan yang buat tv bergaris garis?

    BalasHapus
  34. mau nanya gan saya mau nyambung keyboard ke speaker aktif yg model kabel nya rca dua warna merah sama putih gmn caranya?di line out keyboar tulisannya R L/mono ada dua lubang...makasih

    BalasHapus
  35. Gan mau tanya kalau tv led samsung smart tv mau pake suara ke speaker aktif biasa kok gk bisa ya ? Katanya harus pake converter

    BalasHapus
  36. Gan mau tanya bagaimana cara menyambungkan reciever parabola ke mini projector melalui hdmi

    BalasHapus
  37. Gan,,apa fungsinnya sama nggak av 3.5mm female dan yang male,,,?

    BalasHapus
  38. Bang mau nanya nih kenapa gak bisa mengeluarkan suara dari amfili ke speaker

    BalasHapus
  39. Apakah ada perbezaan kualiti audio antara kabel XLR dengan kabel TS?

    BalasHapus
  40. gan, PS 3 saya kan sudah diganti ke komponen, bukan HDMI Lagi, tapi yang mengherankan, di TV LCD sharp cuma milik saya hanya ada 3 jenis warna kabel, sedangkan kabel komponen nya ada 5 jenis warna. saya bingung jadinya.

    BalasHapus
  41. Mau nanya om, Saya punya player CD /mp3..., Saya ingin player tersebut bisa baca juga flle lagu mp3 melalui USB connector.

    Pertanyaan : apakah bisa dengan menggunakan cable female USD to RCA adudio /video,

    Flashdisk colok ke female USB ...convert to RCA audio male ...lalu Kita colokin ke line in di player CD/mp3...?

    Mohon pencerahan ya om 🙏

    Terima kasih,

    Andrew

    BalasHapus