Jumat, 30 Januari 2015

Seberang Ilir Riwayatmu doloe

Berikut saya tampilkan beberapa foto gedung-gedung di kawasa seberang Ilir Kota Palembang Tempoe Doloe

1. Masjid Agung  
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang, lokasinya berada di pusat Kota Palembang, masjid ini juga merupakan sebuah masjid yang terbesar di Sumatera Selatan dan memiliki kapasitas banyak yang mampu untuk menampung hingga 15.000 jama'ah.
Inilah beberapa foto dan sketsa Masjid Agung dari masa ke masa



Sketsa Gambar Masjid Agung sekitar tahun 1905 oleh ITB jurusan Arsitektur berdasarkan foto Archief KIT 726.2 N 113 dan foto J.A van Rijn van Alkemade.

Sketsa Masjid Agung Palembang tahun 1848 - dibuat sekitar tahun 1847-1848 sebagai koleksi dalam Lc Moniteur des Indes-Orientales. Sketsa ini dibuat setelah Masjid tersebut diperbaiki oleh pemerintah Belanda pada tahun 1823.
 
Masjid AGung Sekarang (2014)



2. Benteng Kuto Besak
lokasinya berada di tepi Sungai Musi dan letaknya tidak jauh dengan Jembatan Ampera, Benteng ini adalah salah satu bangunan peninggalan dari Kesultanan Palembang Darussalam. Pada bagian dalam benteng ini juga terdapat sebuah kantor kesehatan yaitu Kodam II Sriwijaya serta rumah sakit. Benteng ini adalah satu-satunya benteng yang ada di Indonesia yang menggunakan dinding batu dan juga memenuhi syarat perbentengan atau pertahanan. Benteng ini dibangun menggunakan biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari berbagai serangan musuh bangsa Eropa serta tidak diberi nama pahlawan Eropa.





3. Gedung Kantor Walikota Palembang
lokasinya berada di pusat kota, pada mulanya bangunan ini di fungsikan sebagai menara air yang berfungsi untuk mengalirkan air menuju keseluruh kota sehingga gedung Kantor Walikota ini juga dikenal juga sebagai Kantor Ledeng. Sekarang gedung ini berfungsi sebagai sebuah Kantor Walikota Palembang.


Kantor Walikota Palembang Tahun 2013



4. SMU Negeri 2 Palembang
lokasinya berada di daerah TPU Puncak Sekuning.

SMU N 2 Palembang Tahun 1970 an

5. Monpera
Monumen Perjuangan Rakyat, lokasinyadi tengah kota, tidak jauh dengan Masjid Agung dan juga Jembatan Ampera. Sesuai dengan namanya, di dalam bangunan ini juga terdapat banyak benda-benda bersejarah peninggalan dari masa penjajahan.

Monpera Tahun 2014

 6.Museum Sultan Mahmud Badaruddin II,
lokasinya berada di dekat Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak yang dulunya merupakan salah satu peninggalan dari Keraton Palembang Darussalam. Didalamnya terdapat banyak sekali benda - benda bersejarah Kota Palembang.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (sumber info kito.com) Sekitar Tahun 2013



7. Museum Tekstil
lokasinya berada di Jl. Merdeka museum ini fungsinya untuk menyimpan benda - benda tekstil dari seluruh kawasan yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Museum Tekstil 2013

(C) Toms Pro 2015
Sekian dulu brooo..... klw ada waktu nanti diperbaiki............
Artikel Terkait

1 komentar: